Jumat, 14 April 2017

Tugas Penelitian Tindakan Kelas



JUDUL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.      Muhammad Musba:
“Peningkatan hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran perubahan sosial menggunakan metode inkuiri di SMA Muhammadiyah Lamahala”

2.      Siti Miftahul Jannah:
“Mengoptimalkan model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran sosiologi untuk meminimalkan angka bolos sekolah siswa kelas XI IPS MA Al-Mawasir Lamasi”

3.      Dita Damayanti:
“Upaya peningkatan minat belajar sosiologi melalui media pembelajaran VCD pada siswa kelas X di SMAN 1  Pajo”

4.      Ahmad Kurniawan:
“Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komonikasi pada mata pelajaran sosiologi  di SMA 6 Jeneponto”

1.      PENGERTIAN PTK
Penelitian tindakan kelas (PTK) dapat didefenisikan sebagai suatu penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti di kelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran dikelasnya melalui suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembeljaran dikelas. Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi dikelas dan meningkatkan kegiatan nyata guru dalam kegiatan pengembangan profesinya.

Sumber : Kunandar. 2012. “Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru” Jakarta: PT Raja Grafindo.

2.      KERANGKA PTK
BAB I PENDAHULUAN (introduction)
A. Latar Belakang
B. Identifikasi Masalah
C. Batasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Mafaat Penelitian
1. guru
2. siswa
3. sekolah
BAB II KAJIAN PUSTAKA atau LANDASAN TEORI
A. Kajian Teori
B. Hasil Penelitian yang Relefan
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis Tindakan
 BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Sekolah Penelitian
B. Subjek Penelitian
C. Metode Penelitian
D. Jadwal Penelitian
E. Prosedur Penelitian
1. Siklus
a. Plan (rencana)
b. Action (tindakan)
c. Observasi
d. Refleksi
2. banyaknya siklus ....
3. Siklus I : langkah-langkah tindakan
F. Instrumen
1. Instrumen Pembelajaran: RPP, LKS
2. Instrumen Pengumpulan Data : Lembar Obserfasi, angket/ tes
G. Teknis Analisis Data
H. Indikator Keberhasilan
BAB IV LAPORAN TINDAKAN KELAS
BAB IV SIMPULAN


3.      CARA MEMILIH JUDUL
a.    Judul sebaiknya dirumuskan dengan singkat dan spesifik, serta mencerminkan permasalahan pokok yang akan dipecahkan dalam PTK.
b.      Judul dipaparkan secara deklaratif, jelas, padat dan tidak memberi kemungkinan penafsiran yang beragam.
c.       Usahakan jumlah kata judul tidak lebih dari dua puluh kata.
d.   Judul haruslah mencerminkan sebuah aktivitas, mudah dipahami dan kita dapat menebak isi penelitian tersebut.
e.       Hal pokok yang harus tertulis dalam judul adalah gambaran dari apa yang dipermasalahkan dalam PTK yang merupakan variable Y (misalnya : peningkatan hasil belajar siswa) dan bentuk tindakan (treatment) yang akan dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah yang merupakan variable X (penerapan model pembelajaran kooperatif).
f.       Judul PTK juga harus memuat keterangan tentang tempat penelitian, waktu penelitian, kelas yang dijadikan penelitian dan mata pelajaran apa yang dijadikan PTK.

Sumber : Kunandar. 2012. “Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru” Jakarta: PT Raja Grafindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar